Selasa, 11 September 2018

Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui

Keindahan Alam

Setelah kemarin saya membahas mengenai Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui sekarang saya akan membahas mengenai Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui. Tentunya sebagian orang sudah tahu apa yang akan saya bahas, tetapi jika ada yang belum tahu dan kurang mengerti silahkan simak penjelasan berikut ini.

Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui


Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui disini artinya adalah kekayaan alam yang tidak dapat di daur ulang atau di hasilkan kembali dengan mudah jika habis. Mendengar penjelasan tersebut, tentunya kita sudah bisa menyimpulkan apa yang harus kita dilakukan untuk menjaganya agar tidak cepat punah atau habis.


Bisa kita bayangkan jika Sumber Daya Alam ini habis tentunya manusia juga akan ikut punah karena semua aktivitas maupun kebutuhan dan lain-lain tidak luput dari yang namanya sumber daya alam.

Berikut ini contoh Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui.


1. Minyak Bumi

Minyak bumi adalah salah satu SDA yang tidak dapat diperbaharui yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Minyak bumi ini tentunya tidak akan jauh dari kebutuhan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Banyak sekali yang berasal dari minyak bumi seperti Bensin, Solar, Aspal, Minyak tanah dan masih banyak lagi. 

Bayangkan jika minyak bumi habis tentunya kebutuhan manusia akan sangat terhambat seperti bensin untuk bahan bakar motor, aspal untuk membuat jalan solar untuk mobil dsb. Untuk itu kita harus dengan baik-baik menggunakan minyak bumi ini karena jika dengan seenaknya, nantinya kita akan merasakan dampak negatifnya.

Minyak bumi (Bensin&Solar)


Minyak bumi ini dihasilkan dari fosil-fosil tumbuhan,manusia maupun hewan yang tertimbun selama beberap ratus tahun di dalam tanah. 

2. Logam Mulia

Jika membahas mengenai logam mulia tentunya kita pasti sudah tahu. Banyak sekali macam-macam logam mulia seperti Emas,perak,platinum dsb. Logam mulia ini termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Logam mulia biasanya banyak dibuat untuk perhiasan manusia terutama kaum wanita seperti emas untuk kalung dan gelang perak untuk medali, perhiasan dan lain-lain. 

Jika kita secara terus menerus memakai atau mengambil logam mulia dari alam kita tentunya lama kelamaan akan habis dan tidak bisa diproduksi lagi. Logam mulia ini berasal dari fosil  dari dalam tanah maupun di dalam sungai. 

Emas&Perak

3. Tembaga

Tembaga adalah konduktor panas dan listrik yang sangat baik. Fungsi dari tembaga ini salah satunya adalah sebagai alat penghantar listrik yang sangat baik yang biasanya sering digunakan untuk membuat kabel listrik. Tembaga termasuk Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yang jika terus menerus di ambil lama kelamaan akan habis. 

Jika tembaga habis bayangkan saja umat manusia tanpa listrik apakah bisa hidup? tentunya tidak karena manusia dalam aktivitas sehari-harinya tidak luput dari yang namanya listrik. Tembaga berasal dari  dalam tanah atau lebih tepatnya pada kerak bumi.

Tembaga

4. Batu Bara

Batu-bara adalah salah satu jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui selanjutnya. Batu-bara tersusun dari bahan yang mudah terbakar. Batu bara dihasilkan atau tercipta dari fosil tumbuhan yang membusuk dan tertimbun selama berjuta-juta tahun di dalam tanah.  
Manfaat batu bara tentunya sangat banyak yakni sebagai bahan bakar kereta api dan bahan bakar kapal laut. Manusia memanfaatkan batubara biasanya untuk sumber energi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Batu bara


5. Intan

Intan adalah batuan keras di dunia yang mempunyai banyak fungsinya. Selain emas, intan juga termasuk kedalam nilai perhiasan yang sangat mahal. Maka tidak jarang manusia berlomba-lomba untuk mencari dan mengambil batu ini dari alam untuk dijual ataupun diolah.

Martapura adalah salah satu kota penghasil intan yang sangat baik di negara indonesia. Intan juga mempunyai fungsi yakni untuk memotong batuan keras seperti Marmer dan lain-lain. 

Intan


Itulah penjelasan mengenai SDA yang tidak dapat diperbaharui dan contoh-contohnya. Tentunya hanya sedikit contoh yang bisa saya sebutkan dan jelaskan seperti Besi, Marmer, Perunggu, Gypsum, Nuklir dan masih banyak yang lainnya.

Lihat juga : Sifat Bahan

Sekian penjelasan dari saya semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan semuanya. Pesan dari saya jangan lupa untuk tidak memakai SDA ini secara teratur dan jangan berlebihan karena tentunya dampak negatif apabila habis sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia di bumi ini. Sayangi alam kita yaa. Sekian dan terima kasih.
Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.