Minggu, 09 September 2018

Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui

Pixabay

Pada pembahasan kali ini saya akan mencoba untuk membahas dan membagikan pembelajaran mengenai Sumber daya alam beserta contoh dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi pada pembahasan kali ini saya akan membahas dulu mengenai sumber daya alam yang dapat diperbaharui saja insyaallah postingan selanjutnya saya akan membahas mengenai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam atau sering disebut (SDA) adalah Segala sesuatu yang berasal dari alam semesta (Kekayaan Alam). Negara indonesia sangat terkenal akan SDA nya yang melimpah. Sumber daya alam terbagi menjadi dua bagian yaitu Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui dan Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui. 


Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui

Sumber Daya Alam yang dapat di perbaharui disini maksudnya yang bisa di adakan lagi, dihasilkan lagi dengan mudah, didaur ulang lagi dan lain sebagainya. Karena manusia terkenal akan banyak kebutuhannya, maka dari itu manusia tidak akan luput dari yang namanya sumber daya alam. Berikut contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui yaitu Tanah, Hewan, Tumbuhan, Air dan Angin.
Ke lima contoh tersebut merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena sangat mudah untuk didapatkannya lagi dan juga banyak manfaatnya untuk kehidupan makhluk hidup khususnya manusia di alam semesta ini. Berikut penjelasan mengenai ke lima contoh tersebut.

1. Tanah

Tanah merupakan lapisan kulit bumi bagian atas yang terbentuk dari pelapukan batuan dan bahan organik yang hancur oleh proses alam. Tanah yang subuh sebagai sumber daya alam yang sangat banyak manfaatnya yaitu sebagai media tanam untuk pertanian. Tanah juga sumber daya alam yang dapat diperbaharui bisa menjadi tempat penyimpanan benda-benda logam atau mineral-mineral yang dihasilkan oleh alam semesta ini. Mineral dan logam ini sebagai salah satu bahan dalam bidang perindustrian yang bisa dimanfaatkan oleh manusia.

Source : Pixabay


2. Tumbuhan

Sumber daya alam selanjutnya yang dapat diperbaharui yakni Tumbuhan. Tumbuhan Dikelompokan menjadi 3 bagian yakni hasil hutan, pertanian, dan perkebunan.

Hutan merupakan keindahan yang dimiliki oleh alam. Hutan sangat banyak manfaatnya untuk makhluk hidup yang menghuni alam ini khususnya manusia. Di dalam hutan tentunya banyak yang bisa dimanfaatkan oleh manusia seperti tumbuhan di dalam hutan buahnya untuk di konsumsi dan  batang pohonnya untuk dijadikan bahan bangunan untuk pembuatan rumah. Bayangkan jika tidak ada hutan apakah kita bisa hidup? tentunya tidak. Karena hutan terkenal dengan sebutan paru-paru dunia. 

Pertanian merupakan salah satu mata pencaharian manusia nomer satu di dunia. Karena bayangkan jika tidak ada petani apakah kita bisa makan? tentunya tidak. Pertanian merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui yang dapat menghasilkan berbagai macam tumbuhan yang dapat dikonsumsi manusia. jika diolah dengan benar, tanah yang merupakan media tanam dalam bidang pertanian dapat memberikan hasil yang tidak akan pernah habis sepanjang masa. Seperti Padi, Jagung, cabai dan lain-lain.

Perkebunan berbeda dengan hasil pertanian yang di tanam di sawah, tumbuhan hasil perkebunan umumnya ditanam disebuah lahan terbuka tanpa perlu diairi seperti sawah. Contoh jenis tumbuhan hasil perkebunan seperti karet,cokelat, teh kelapa sawit dan lain-lain. Tentunya tumbuhan hasil perkebenunan itu banyak manfaatnya untuk kehidupan manusia yakni karet untuk bahan industri, kelapa sawit untuk minyak goreng , cokelat untuk dikonsumsi dan lain sebagainnya.

Source : Pixabay


3. Hewan

Hewan termasuk juga sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Hewan ini terbagi menjadi dua bagian yang pertama hewan liar dan kedua hewan peliharaan. Hewan liar merupakan hewan yang hidup di alam bebas dan melangsungkan kehidupannya dengan cara begantung terhadap alam dan mencari makanan sendiri yang ada di alam ini. 

Contoh hewan liar seperti harimau, singa, gajah, kerbau hutan dan lain-lain. Manfaatnya tentu sangat banyak contohnya kerbau untuk dikonsumsi atau diperjualbelikan bisa juga untuk membantu menggarap tanah di sawah.

Hewan peliharaan adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui oleh manusia. Untuk melangsungkan kehidupannya, hewan peliharaan mengandalkan makanan yang disediakan oleh manusia. Manusia biasanya memelihara hewan untuk sekedar hobby atau teman bermain.

Contoh hewan yang sering dipelihara manusia seperti : Anjing, Kucing, Ayam, Burung, Sapi, dan lain-lain. Manfaat dari hewan tersebut sangat banyak contohnya Ayam untuk diperjualbelikan dan dagingnnya bisa dikonsumsi.

Source : Pixabay


4. Angin

Mendengar kata angin tentunya kita ingat terhadap udara yang kita hirup untuk bernafas. Manusia dan makhluk hidup tentunya membutuhkan Oksigen atau Karbon dioksida untuk bernafas. Udara sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui masih menyimpan berbagai jenis gas lain untuk di manfaatkan manusia. Seperti : Nitrogen,argon, Neon, Helium, Ozon dan lain-lain.

Manfaat dari udara ini sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui contohnya tadi sebagai kebutuhan untuk pernafasan makhluk hidup, Nitrogen bisa digunakan untuk mengisi angin Ban mobil, dan angin juga bisa dijadikan alat untuk pembangkit listrik (PLTA).

Source : Pixabay

5. Air

Air adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui yang selalu digunakan setiap waktu oleh manusia sebagai kebutuhan untuk bertahan hidup dan melangsungkannya kehidupan. Air bisa berasal dari berbagai tempat, mulai dari sungai, laut, gunung, danau dan juga tanah. Air dapat dimanfaatkan untuk sarana transfortasi, rekreasi, dan pariwiasata seperti pantai. Air juga bisa di manfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air atau (PLTA) dan air juga tentunya untuk kebutuhan manusia sehari-hari Seperti Minum, mandi, mencuci dan masih banyak yang lainnya.

Source : Pixabay


Maka dari itu manfaatkan lah sumber daya alam yang ada di alam semesta ini. Jangan mentang-mentang bisa dengan mudah kita mendapatkannya lagi, kita dengan seenaknya menggunakan dan membuang seenaknya. Karena jika di ambil atau digunakan secara terus menerus lama kelamaan akan habis.


Sekian pembahasan dari saya kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya bapak/ibu guru yang sedang mengajar mengenai materi pembelajaran ini. Jika ada yang ingin di tanyakan jangan segan-segan untuk menghubungi pada kontak atau kolom komentar yang telah disediakan. Terima kasih.
Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.