Senin, 10 September 2018

Sifat Bahan

Kain WOL - Pixabay

Selamat pagi sahabat guruenjoy.com. Pada pagi hari ini saya akan coba share materi IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) kelas V mengenai Sifa Bahan. Untuk itu silahkan simak penjelasan berikut ini.

Jenis Bahan dan Sifatnya

Benda yang ada disekitar kita terbuat dari macam-macam bahan. Penggunaan suatu bahan untuk membuat  suaatu benda selalu dikaitkan dengan sifat bahan tersebut. Jenis-jenis bahan antara lain sebagi berikut.

1. Serat Kain 

Ada banyak jenis bahan kain. Setiap bahan mempunyai kelebihan dan kekurangan. Serat kain terbagi menjadi 4 bagian yaitu sebagai berikut.

A. Katun

Katun merupakan jenis bahann yang berasal dari serat tumbuhan, yaitu serat kapas. Serat kapas dipintal menjadi benang. Benang kemudian ditenun menjadi selembar kain.  Nah kain  katun memiliki sifat menyerap air. Oleh karena itu, kain katun banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian sehari-hari. Ketika melakukan aktivitas seperti bermain dan berolahraga, kamu sebaiknya menggunakan pakaian berbahan katun karena lebih menyerap keringat dan juga dingin enak dipakai.

B. Nilon

Nilon merupakn serat sintetis, yang terbuat dari bahan kimia yang biasanya terdapat dalam minyak bumi. Serat nilon bersifat kuat, lentur, dan tidak mudah menyerap air. Serat nilon juga digunakan untuk membuat tali pancing, senar gitar, tambang dan benang nilon. 

Bahan Nilon bersifat tidak menyerap air. Oleh karena itu bahan Nilon sering dikombinasikan dengan bahan lain untuk membuat pakaian seperti pakaian untuk renang dan menyelam.

C. Sutra

Mendengar kata sutra tentunya sudah tidak asing lagi. Sutra merupakan serat kain yang alami yang terbuat dari kepompong ulat sutra. Kepompong ditenun menjadi kain sutra. Ciri-ciri kain sutra yaitu lembut, kuat, dan berkilau. Sutra dianggap serat kain yang paling berkualitas diantar semua serat kain yang ada. 
Kain sutra biasanya di gunakan untuk membuat pakaian, jaket dan lain-lain. Karena terkenal dengan empuk dan halusnya tidak jarang harga pakaian yang terbuat dari kain sutra sangat mahal.

D. Wol

Wol termasuk serat alam yang berasal dari hewan. Kain Wol dibuat dari rambut domba yang dipintal atau diolah menjadi benang Wol. Benang Wol kemudian dirajut untuk dibuat berbagai jenis pakaian. Wol biasanya sering kita lihat di daerah perkotaan karena biasanya digunakan untuk membuat pakaian hangat karena sifat dari bahannya yang tebal, Sehingga dapat menahan panas tubuh.

2. Kertas

Kalian pasti sudah sering dan banyak mendengar mengenai kertas. Kertas merupakan bahan yang terbuat dari serat kayu batang tumbuhan. Kayu dihancurkan menjadi kertas (pulp) kemudian diolah menjadi berbagai jenis kertas.

Kertas bersifat ringan, dapat menyerap tinta, dan juga mudah dibentu, mudah dirobek, dan mudah terbakar juga. Berdasarkan sifat tersebut, kertas digunakan sebagai alat tulis, tisu, mainan, hiasan dan alat pembungkus.

3.Plastik

Lihatlah benda disekeliling kita sebagian besarnya terbuat dari plastik. Plastik merupakan bahan yang diolah dari minyak bumi. Plastik mempunyai sifat ringan, tahan air, lentur, dan mudah dibentuk. Sifat plastik ini banyak digunakan untuk membuat berbagai macam wadah dan mainan.

Plastik juga kedap udara . Oleh karena itu, sebagian besar  makanan dikemas atau disimpan dalam bungkus plastik. Makanan yang dikemas dalam bungkus plastik akan tetap renyah dan tentunya tahan lama.


Nah itulah pembahasan mengenai Jenis bahan dan sifat-sifatnya. Sekian penjelasan dari saya dan apabila ada yang kurang dimengerti bisa tanyakan melalui kolom komentar ataupun kontak yang telah disediakan. Karena dengan saran dan pendapat sahabat semuanya bisa membuat blog ini ke arah yang lebih baik. Terima kasih.

*Diambil dari berbagai Sumber
Sifat Bahan
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.