Sabtu, 08 September 2018

5 Contoh Motivasi Belajar Anak Sebelum Kegiatan Pembelajaran

Pixabay

Pada pembahasan kali ini, saya akan membahas mengenai pentingnya motivasi kepada anak sebelum kegiatan belajar mengajar di mulai atau KBM. Jika mendengar kata motivasi, tentunya kita sering mendengar di setiap kegiatan sehari-hari kita. 


Dalam dunia pendidikan khususnya tenaga pendidik atau guru selalu memberikan motivasi sebelum KBM di mulai. Karena dengan motivasi ini bisa menumbuhkan rasa ingin mengikuti kegiatan pembelajaran anak didik kita. Lalu, motivasi seperti apa yang seharusnya kita terapkan khususnya anak sekolah dasar ? Berikut penjelasannya.

Motivasi Belajar

5 Contoh Motivasi Belajar pada Anak :

1. Bernyanyi

Bernyanyi merupakan kegiatan yang disenangi oleh anak-anak khususnya anak SD. Dengan mengajak anak bernyanyi sebelum pembelajaran, anak akan merasa senang dan semakin dekat dengan kita sehingga mau mengikuti kegiatan pembelajaran. 

Bernyanyi sangat cocok untuk dijadikan motivasi pembelajaran. Gunakan lagu anak-anak atau lagu nasional yang berkaitan dengan pendidikan. Contohnya lagu : Indonesia Raya, Menanam jagung, Balonku dan lain-lain.

2. Membahas Dongeng 

Mendengar kata dongeng sering identik dengan anak-anak khususnya Sekolah Dasar.Karena anak suka cerita dongeng,  dongeng juga bisa dijadikan sebagai motivasi belajar anak. Kita harus pandai mengaitkan dongeng tersebut dengan kehidupan sehari-hari kita. 

Contohnya dongeng Si Kancil. Karena si kancil terkenal dengan kepandaiannya, Kita berikan hal positif yang di ceritakan dalam dongeng sikancil tersebut. Karena dengan anak mendengarkan kepandaiaan sikancil otomatis anak termotivasi dan mau mengikuti kegiatan pembelajaran.

3. Membahas Cita-Cita atau Hobi

Cita-cita dan hobi sangat identik dengan yang namanya manusia. Tidak jarang kita sering mendengar anak-anak membicarakan masalah ini. Cita-cita dan hobi ini bisa kita jadikan untuk motivasi anak untuk mau mengikuti pembelajaran. pertama kita membahas dan menanyakan semua cita-cita dan juga hobinya pasti anak-anak sangat suka dan hampir semua menjawab pertanyaan gurunya. 

Contohnya jika ada anak yang bercita-cita menjadi guru pujilah terlebih dahulu cita-cita anak tersebut lalu berikan motivasi. Seperti nah jika kamu ingin menjadi guru maka rajinlah belajar dari sekarang karena setiap guru juga pasti memulai dari awal tidak langsung pintar seperti sekarang. Mendengar kata itu, otomatis anak mau mendengarkan dan mau mengikuti pembelajaran.

4. Bersikap Ramah dan Murah Senyum

Kita sering mendengar keluhan anak seperti tidak mau belajar karena gurunya jahat atau killer,galak,tidak gampang senyum dan lain sebagainya. Menurut saya hal ini juga sangat berpengaruh terhadap minat anak untuk mengikuti pembelajaran. 

Karena dengan gurunya baik,ramah ataupun murah senyum anak-anak akan sangat suka terhadap gurunya. Maka dari itu lakukanlah hal ini selama kita berhadapan dengan anak supaya anak lebih dekat dengan kita dan mau mengikuti pembelajaran dengan efektif.

5. Iming-iming Reward (Hadiah)

Kalian pasti sudah tahu bahwa anak-anak sangat suka mendengar kata hadiah. Hadiah disini berupa makanan ringan ataupun nilai atupun yang lainnya. Sebelum berlangsungnya kegiatan belajar mengajar, buatlah kesepakatan dengan anak terlebih dahulu  dengan interaksi. 

Contohnya, Bapak/ibu punya hadiah tapi hadiah ini akan bapak/ibu berikan kepada anak yang memperoleh nilai bagus saat menyelasaikan soal latihan nanti pada akhir pembelajaran. Mendengar perkataan tersebut, anak-anak pastinya akan termotivasi dan akan berlomba-lomba untuk memperoleh hasil yang maksimal.


Nah itulah kegiatan Motivasi kepada anak menurut saya dan tentunya masih banyak lagi yang lainnya. Kegiatan itu juga jangan terlalu sering kita terapkan karena banyak sisi negatifnya contohnya anak kebiasaan dengan reward, anak mau kita bercerita terus dan lain lain.

Sekian penjelasan saya mengenai motivasi anak, apabila ada yang ingin ditanyakan bisa langsung hubungi kontak yang telah disediakan maupun isi di kolom komentar dengan relevan dan bijak. Terima kasih.

5 Contoh Motivasi Belajar Anak Sebelum Kegiatan Pembelajaran
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.