Sabtu, 30 Juni 2018

Buku Metode Penelitian Kualitatf Jenis, Karakter dan Keunggulannya

Buku Metode Penelitian Kualitatf Jenis, Karakter dan Keunggulannya
Buku Metode Penelitian Kualitatf Jenis, Karakter dan Keunggulannya

PENGANTAR
Oleh: Dr. (Hon) Jonathan Parapat, M. Eng. Sc


Realitas masyarakat sangatlah kompleks dan majemuk. Kemajemukan ini adalah sejalan dengan realitas manusia itu sendiri yang beraneka ragam. Keaneka ragaman ini menurunkan sikap, tindakan, cara berpikir yang berbeda di antara manusia dan masing-masingnya adalah unik. Masih banyak kompleksitas realita manusia yang luput dari penelitian ilrniah.

Kompleksitas realitas ini hanya dapat dimengerti dan tidak dapat dikatakan sebagai benar atau salah. Keaneakaan sikap, tindakan dan cara berpikir manusia ini adalah unik dan hanya dapat dimengerti dalam konteksnya.

Masalah yang sering muncul, khususnya di lembaga pendidikan tinggi, adalah terbatasnya buku bacaan dan literature yang menawarkan suatu metode yang baik untuk memahami kompleksitas kehidupan manusia. Banyak penelitian tentang sikap, tindakan dan masalah kemanusiaan didekati secara kuantitatif. Melalui pendekatan tersebut, manusia dijadikan objek.

Hal lain lagi yang sering kali terjadi dalam penelitian, yaitu subjek yang diteliti biasanya tidak dilibatkan. Subjek penelitian hanya pasif saja dan hanya melaksanakan apa yang sudah ditentukan oleh peneliti. Misalnya dalam pengumpulan data, subjek penelitian hanya menjawab questionnaire, dimana pertanyaan dan jawabannya sudah tersedia.

Buku yang dituli soleh saudara Dr.J.R.Raco ini membuka dan menambah wawasan bagi para penggiat di bidang penelitian untuk secara jeli memilih metode yang tepat dalam setiap kegiatan penelitian yang menyangkut manusia.

Buku ini juga memberikan alternatif lain bagi para mahasiswa di perguruan tinggi, sehingga memungkinkan mereka memiliki banyak pilihan metode penelitian. Selain itu buku ini juga merupakan jawaban bagi mereka yang ingin memahami metode penelitian kualitatif dalam bahasa Indonesia, mengingat banyak buku tentang metode jni ditulis dalam bahasa asing dan harganya sering tidak terjangkau oleh kalangan mahasiswa.

Buku ini layak dibaca dan dipahami oleh mereka yang sedang dan akan membuat penelitian khususnya untuk bidang human sciences.

PENGERTIAN, TUJUAN, DAN LATAR BELAKANG PENELlTlAN

1.1. Pengertian Umum

Kata 'metode' dan 'metodologi' sering dicampuradukkan dan disamakan. Padahal keduanya memiliki arti yang berbeda. Kata 'metodologi' berasal dari kata Yunani 'methodologia' yang berarti 'teknik' atau 'prosedur'. Metodologi sendiri merujuk kepada alur pemikiran umum atau menyeluruh (general logic) dan gagasan teoritis (theoretic perspectives) suatu penelitian. Sedangkan kata 'metode' menunjuk pada teknik yang digunakan dalam penelitian seperti survey, wawancara dan observasi.
Suatu penelitian yang baik senantiasa memperhatikan kesesuaian antara teknik yang digunakan dengan alur pemikiran umum serta gagasan teoritis. Jadi kata 'metode kualitatif', yang digunakan sebagai judul buku ini berarti ganda yaitu teknik atau prosedur dan gagasan teoritis. Penulis yakin bahwa baik metode maupun metodologi, dalam konteks penelitian kualitatif,salingmengandaikansatu sama lain. Seperti misalnya, dalam uraian-uraian ke depan akan dijelaskan bahwa tujuan penggunaan metode kualitatif adalah mencari pengertian yang mendalam tentang suatu gejala, fakta atau realita. Fakta, realita, rnasalah, gejala serta peristiwa hanya dapat dipaharni bila peneliti rnenelusurinya secara mendalarn dan tidak hanya terbatas pada pandangan di permukaan saja. Kedalaman ini yang rnencirikhaskan metode kualitatif, sekaligus sebagai faktor unggulannya. Seperti fenornena gunung es di rnana yang nampak dipermukaan hanya kecil, tetapi yang berada di bawahnya justru yang besar dan kuat.
Selengkapnya ada di bawah ini.
Saudara J.R. Raco yang sudah berpeqalaman mengajar metode penelitian di President University rnenawarkan sebuah metode ranq disebut metode kualitatif vanq walaupun coraknya cukup mendalam dan agak hlosofis, tetapi sangataplikatif: Sebagai pimpinan di President University, saya sangat bangga dan bersyukur buku ini akhirnya 1 bisa terbit.

Buku Metode Penelitian Kual~tatif merupakan perwujudan kreatif seorang ilrnuwan muda DrJ.R.Raco. Karya alumnus Universitas Negeri Jakarta ini terbilang langka karena buku-buku yang tersedia hanya dalam bahasa aslng dengan harga yang tak terjangkau oleh rnahasiswa: Buku In1 penting bagi penggiat di bidang penelitian atau rnahasiswa dan siapa saja yang sedang menulis karya ilrniah.

Buku ini bagaikan oasis bagi para peneliti muda yang ingin rnemahami dan rnendalami metode penelitian kualitatif.Penyajiannya kompetensi dengan bahasa yang mudah dipaharni. Metode kualitatif disebut juga metode alternatif karena 'hemperkenalkan cara untuk memahami gejala, dan peristiwa secam 11miah.bcok untuk semua pihak atau para mahasiswa program 5-1, program master ataupun program doktor yang sedang membuat penelitian ilmiah di bidang ilmu-ilmu kernanusiaan.

Saya sangat gembira akan upaya Saudara Josef R.Raco dapat mernberikan pencerahan kepada semua teman sejawat yang akan dapat memakai konsep-konsep tersebut, terutarna bagi yang belajar melakukan penelitiandan rnembuat disertasi atau thesismaupun bagi mereka yang rnenjadi pernbimbingnya. Semoga langkah itu diikuti oleh langkah berikutnya dalam konteks tersebut.

Riset kualitatif dilakukan untuk rnencari kedalaman sebuah fenornena dan menemukan serangkaian variabel secara indukrif, biasanya melalui in depth interview dan focus group dixuss~on.

Variabel-variabel temuan dituangkan dalam kuesioneur nruk pelaksanaan survey. Asuransinya riset kuairatif dapat menggali lebih dalam terhadap permasalahan yang telah dirumuskan, tetapi dengan tingkat generalisasi yang rnasih dipertanyakan. Survey diharapkan dapat memperluas
Buku Metode Penelitian Kualitatf Jenis, Karakter dan Keunggulannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.