Senin, 10 April 2017

Tujuan dan Fungsi Asessment dan Evaluasi

Selamat Malam sahabatku semuanya !!!

Alhamdulilah kita masih bisa dipertemukan kembali dalam keadaan sehat walafiat. Setelah kemarin saya membahas dan menjelaskan mengenai definisi Asessment dan Evaluasi, seperti janji saya kemarin saya akan menjelaskan mengenai tujuan dan fungsi Asessment dan evaluasi. 

Untuk itu mari langsung saja ke pembahasannya.

guruenjoy.blogspot.com


Tujuan dan Fungsi Assessment dan Evaluasi.

Secara umum, tujuan evaluasi dalam bidang pendidikan ada dua, yaitu :

  1. Untuk menghimpun bahan-bahan keterangan yang akan dijadikan sebagai bukti taraf perkembangan atau taraf kemajuan yang dialami oleh para peserta didik, setelah mereka mengikuti proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu. Dengan kata lain tujuan umum dari evaluasi dalam pendidikan adalah untuk memperoleh data pembuktian, yang akan menjadi petunjuk sampai dimana tingkat kemampuan dan tingkat keberhasilan peserta didik dalam pencapaian tujuan - tujuan kurikuler, setelah mereka menempuh proses pembelajaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
  2. Untuk mengetahui tingkat efektifitas dari metode-metode pembelajaran yang telah di pergunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan kedua dari evaluasi pendidikan adalah untuk mengukur dan menilai sampai dimanakah efektifitas mengajar dan metode-metode mengajar yang telah diterapkan atau dilaksanakan oleh pendidik, serta kegiatan belajar yang dilaksanakan oleh peserta didik.

Fungsi penilaian (evaluasi)


  1. Fungsi eduktif. Evaluasi adalah suatu subsistem dalam sistem pendidikan yanng bertujuan untuk memperoleh informasi tentang keseluruhan system dan atau salah satu subsistem pendidikan. Bahkan dengan evaluasi dapat diungkapkan hal-hal yang tersembunyi dalam proses pendidikan.
  2. Fungsi Institusional. Evaluasi ini berfungsi mengumpulkan informasi akurat tentang input dan output pembelajaran disamping proses pembelajaran itu sendiri.
  3. Fungsi Diagnostik. Dengan evaluasi dapat diketahui kesulitan masalah-masalah yang sedang dihadapioleh siswa dalam proses/kegiatan belajarnya.
  4. Fungsi Administratif. Menyediakan data tentang kemajuan belajar siswa, yang pada gilirannya berguna untuk memberikan sertifikasi (tanda kelulusan) dan untuk melanjutkan study lebih lanjut dan atau untukkenaikan kelas.
  5. Fungsi Kurikuler. Berfungsi menyediakan data dan informasi yang akurat dan berdaya guna bagi pengembangan kurikulum (perencanaan, ujicoba di lapangan, implementasi, dan revisi).
  6. Fungsi Manajemen. Komponen evaluasi merupakan bagian integral dalam system manajemen, hasil  evaluasi berdaya guna sebagai bahan bagi pimpinan untuk membuat keputusan manajemenpada semua jenjang manajemen.

Jenis-Jenis Penilaian


Jenis-jenis penilaian yang diberikan dalam proses pembelajaran :

  1. Written Test; pilihan ganda, melengkapi, menyusun, benar-salah, choose the best answer, write the intruction.
  2. Oral Test; tanya jawab, presentasi, percakapan, (dialogue), respond, dictation.
  3. Performance Test; portofolio, kinerja, role play, monologue, recount, exposition.
  4. Project; essay writing/composition, presentation. 

Nah, itulah penjelasan lanjutan dari yang kemarin mengenai assesment dan evaluasi. Semoga bermanfaat bagi sobat-sobat semuanya dan khususnya membantu yang sedang belajar mengenai assesment dan evaluasi. 

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, terus ikuti perkembangan blog guruenjoy.blogspot.com dengan artikel dan materi pembelajaran lainnya. Terima kasih.
Tujuan dan Fungsi Asessment dan Evaluasi
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

18 komentar

Tulis komentar
avatar
10 April 2017 21.34

Memang dalam pembelajaran harus ada nya evaluasi,,sewaktu saya SMA di evaluasi hanya mau UN saja ,,hehe

Reply
avatar
10 April 2017 21.36

jadi sebenernya gitu ya, nice info (y)

Reply
avatar
10 April 2017 21.37

wah keren nih nambah ilmu pengetahuan dasar dasar menjadi guru, mengetahui cara cara menilai murid..
di tunggu gan artikel selanjutnya.

Reply
avatar
10 April 2017 22.10

baca artikel ini jadi kangen pengen sekolah lagi gan

Reply
avatar
10 April 2017 22.11

haha saya juga sama pas waktu sma gitu :D

Reply
avatar
10 April 2017 22.19

alhamdulilah yah gan, oke aganku thks sudah berkunjung :)

Reply
avatar
10 April 2017 22.19

yaa kalo itu sih sama aku juga gan :D

Reply
avatar
10 April 2017 22.24

luar biasa gan infonya :) ntap

Reply
avatar
10 April 2017 22.27

Mantap gan, lanjutin buat artikelnya mhank

Reply
avatar
10 April 2017 22.27

alhamdulilah gan semoga membantu yah :D

Reply
avatar
10 April 2017 22.42

Waw mendidik banget artikelnya, ternyata ini tujuan evaluasi yang sering ditugaskan oleh sang guru.

Reply
avatar
10 April 2017 22.52

hehe iya gan inilah evaluasi yg sering di lakukan guru2 di sekolah

Reply
avatar
11 April 2017 08.10

Sebagai guru SMP, saya berterima kasih ilmu blognya mas bagus!

Reply
avatar
11 April 2017 08.24

Alhamdulillah pak, masih dalam proses belajar pak terima kasih pak :)

Reply
avatar
11 April 2017 09.40

makasih gan infonya buat tugas hehe

Reply
avatar
11 April 2017 11.44

Hehe alhamdulilah gan :)

Reply