Senin, 27 Maret 2017

Sistem Pernafasan pada Manusia

Selamat Sore sahabatku semuanya !!!

Kali ini saya akan bahas mengenai sistem pernafasan pada manusis. Berikut uraiannya.

Sistem Pernafasan pada Manusia

Manusia adalah makhluk tuhan yang paling mulia diantara ciptaan-ciptaannya. Oleh sebab itu kita harus bersyukur telah diberikan kesempatan menjalani rintangan berbagai rintangan dalam kehidupan ini. 

Organ adalah sekelompok jaringan dalam organisme hidup yang memiliki bentuk dan fungsi spesifik. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba meringkas dan membagikan hasil belajar saya tadi pagi mengenai Sistem Pernafasan pada manusia. Oleh sebab itu mari kita simak penjelasan berikut ini.


https//:guruenjoy.blogspot.co.id



 Sistem Pernafasan.


Udara merupakan campuran dari berbagai gas. Diantaranya, gas oksigen dan gas karbon dioksida. Ketika kita menghirup udara, oksigen masukmelalui hidung, kemudian masuk ke pangkal tenggorokan. Setelah itu, oksigen melewati dua saluran yang berukuran lebih kecil dari tenggorokan. Dua saluran ini disebut bronkus. Setelah melewati bronkus, udara masuk ke paru-paru.



A.  Hidung


Hidung merupakan indra penciuman. Hidung terdiri atas dua bagian, yaitu lubang hidung dan rongga hidung. Ketika menghirup udara, udara masuk melalui kedalam tubuh melalui hidung. Di dalam rongga hidung terdapat rambut dan lendir. Kita bernafas sekitar 50 juta kali dalam hidup kita.



B. Tenggorokan dan Paru-Paru


Paru-paru manusia terletak di rongga dada. Paru-paru terdiri atas paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kanan berukuran lebih besar dibandingkan dengan paru-paru kiri. Paru-paru kanan berukuran lebih besar dibandingkan dengan paru-paru kiri karena paru-paru kanan memiliki 3 gelambir sedangkan paru-paru kiri terdiri atas 2 gelambir.

Udara yang masuk melalui hidung, kemudian melewati pangkal tenggorokan. Dari pangkal tenggorokan (trakea). Didalam dada, trakea, bercabang menjadi dua yang disebut bronkus. Setiap bronkus menuju ke paru-paru kanan dan paru-paru kiri.

Bronkus tersusun dari pipa-pipa yang disebut bronkiolus. Pada ujung bronkioli terdapat kantong udara yang disebut alveolus. Alveolus berfungsi sebagai tempat pertukaran gas karbon dioksida (CO2) dan uap air dengan gas oksigen (O2).

Setiap kamu bernafas udara segar yang mengandung oksigen masuk ke paru-paru. Oksigen kemudian disebarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.



Nah, itulah yang bisa saya jelaskan pada kesempatan kali ini mengenai sistem pernafasan pada manusia. Terus ikuti perkembangan blog https//:guruenjoy.blogspot.co.id. Terima kasih.
Sistem Pernafasan pada Manusia
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

10 komentar

Tulis komentar
avatar
27 Maret 2017 18.01

Thanks dah ngingetin pelajaran ini

Reply
avatar
27 Maret 2017 18.06

alhamduliah, sama-sama gan :)

Reply
avatar
27 Maret 2017 18.07

Jadi ingat masa-masa SMA.

Reply
avatar
27 Maret 2017 18.12

haha kalo itu sama gan :D

Reply
avatar
27 Maret 2017 18.33

Jadi inget jaman sekolah 😁

Reply
avatar
27 Maret 2017 19.02

Haha saya juga sama flshbk sekolah hihi

Reply
avatar
28 Maret 2017 07.12

Lumayan buat bahan ajar murid-murid nih sobat 😅

Reply
avatar
28 Maret 2017 09.17

wah ngeri juga ya kalo salah satu nya ada yg rusak

Reply
avatar
28 Maret 2017 09.24

bukan ngeri lagi gan malahan mengakibatkan kematian :D

Reply