Sabtu, 25 Maret 2017

Sillent Way Metodh

Hai jumpa lagi nih dengan saya :D

Alhamdulilah masih diberi kesehatan dalam waktu yang berbahagia ini. Setelah tadi pagi saya share mengenai Audio Lingual, seperti janji saya tadi pagi kali ini saya akan coba share mengenai SILLENT WAY METHOD. Nah, jadi apasih metode seperti apasih Sillent Way Method itu ?? berikut ulasan jelasnnya.




 Sillent Way Method

Sillent way adalah metode yang dikembangkan oleh caleb gattegno(1970),dilandasi dengankeyakinan bahwa siswa hendaknya belajar secara independent, tidak bergantung kepada guru. Gattegno berpendapatt bahwa siswa akan belajar lebih baik bila dia mengembangkan tanggung jawab personal atas pembelajarannya sendiri.

Belajar dipandang lebih utama dari pada mengajar. Para siswa didorong untuk bekerja sama satu sama lain untuk memikirkan atau memahami makna. para siswa di perkenalkan dengan materi baru dengan menggunakan tongkat Cuisinare (tongkat-tongkat kecil berwarna dengan ukuran panjang yang beragam) dan serangkaian peta dinding (wall charts). Setelah guru memperkenalkan materi itu, tinggal terserah para siswa untuk menentukan apa yang akan mereka pelajari dan bekerja secara independen ini, seperti penggunaan tongkat Cuisinar (Cuisinare rod) dan pengembangan kemandirian siswa, masih tetap digunakan.

Tujuan umum Sillent Way adalah mengajarkan pembelajar bagaimana  cara belajar bahasa, dan keterampilan-keterampilan yang dikembangkan melalui proses pembelajaran bahasa asing atau bahasa kedua dapat digunakan untuk mempelajari segala hal lain yang blum diketahui.

Metode Sillent Way memiliki beberapa kelebihan yaitu :

  1. Siswa belajar secara independent, tidak tergantung kepada guru.
  2. Siswa didorong untuk bekerja sama satu sama lain untuk memikirkan atau memahami makna.
  3. Pembelajar  berkonsentrasi pada tugas yang diselesaikan dan cara-cara potensial untuk penyelesaiannya.

Sedangkan kekurangan dari Metode Sillent Way, yaitu :

  1. Dipandang tidak praktis diruangan kelas, karna siswa membutuhkan dan menginginkan masukan (input) yang lebih banyak dari guru.
  2. Pada konsep dasarnya, Sillent Way memberikan kebebasan kepada pelajar untuk menentukan pilihan-pilihan dalam situasi-situasi yang disajikan termasuk dalam membuat kontruksi kalimat. Cara ini memberikan kesan bahwa pelajar dapat menguasai situasi belajar. namun dalam knyataannya, gurulah yang menguasai materi dan jalan pengajarannya di dalam kelas. Dengan demikian sebenarnya proses belajar masih teacher-centered (berpusat pada guru). 
Nah jelaskan mengenai Sillen way Method ?? jadi intinya Sillent Way Method itu guru tidak banyak bergerak melainkan para siswa yang mencari sendiri, guru hanya membenarkan yang salah dan mmberikan arahan-arahan tertentu.

Mungkin hanya itu yang bisa saya jelaskan, apabila ada yang ingin ditanyakan silakan diisi dikolom komentar yang telah disediakan. Sekian dan Terima kasih.
Sillent Way Metodh
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

4 komentar

Tulis komentar
avatar
25 Maret 2017 20.20

Wkwkwkw itu lebih efektif kalo muridnya emang mau belajar. Nah kalo enggak?

Reply
avatar
25 Maret 2017 20.20

Wkwkwkw itu lebih efektif kalo muridnya emang mau belajar. Nah kalo enggak?

Reply
avatar
25 Maret 2017 20.25

haha iya gan terutama di negara kita :D

Reply
avatar
25 Maret 2017 20.26

kalo engga kita sebagai gurunya harus bisa mengarahkan dan menemani para siswa kita pada saat belajar :)

Reply