Jumat, 24 Maret 2017

DIRECT METHODS

Hii Good Night :D

Setelah tadi siang saya membahas tentang Grammar-Translation Methods, Kali ini saya akan menjelaskan mengenai Direct Methods.


So, What is Direct Method ?? berikut penjelasannya.
 
https//:guruenjoy.blogspot.com


DIRECT METHODS

Direct Methods adalah bahwa pengajaran bahasa inggris di berikan langsung dengan menggunakan bahasa target (Inggris). Yaitu langsung menunjuk atau memperlihatkan benda, gambar, vocabullary yang banyak dengan menuntut anak untuk berbicara dalam bahasa target.

    Ciri-Ciri Direct Metodhs ini adalah :


  1. Materi pembelajaran pertama-tama diberikan kata demi kata,    kemudian struktur kalimat.
  2. Gramatika diajarkan hanya bersifat sambil lalu, dan siswa tidak di tuntut menghafal  rumus-rumus gramatika, tapi yang utama adalah siswa mampu mengucapkan bahasa secara baik.
  3. Dalam proses pengajaran senantiasa menggunakan alat bantu (alat peraga) baik berupa alat peraga langsung, tidak langsung (benda tiruan) maupun peragaan melalui simbol-simbolatau gerakan-gerakan tertentu.
  4. Setelah masuk kelas, siswa atau anak didik benar-benar di kondisikan untuk menerima dan bercakap-cakap dalam bahasa asing, dan dilarang menggunakan bahasa lain.
Metode langsung  (Direct Method) dilihat dari segi efektifitasnya memiliki keunggulan/kelebihan antara lain :
  1. Siswa termotivasi untuk dapat menyebutkan dan mengerti kata-kata kalimat dalam bahasa asing yang di ajarkan oleh gurunya, apalagi guru menggunakan alat peraga dan macam-macam media yang menyenagkan.
  2. karena metode ini guru biasanya mula-mula mengajarkan kata-kata dan kalimat-kalimat sederhana yang dapat dimengerti dan di ketahui oleh siswa dalam bahasa sehari-hari misalnya (pena,pensil,bangku,meja dan lain-lain), maka siswa dapat dengan mudah menangkap simbol-simbol bahasa asing yang diajarkan oleh gurunya.
  3. Metode ini relatif banyak menggunakan berbagai macam alat peraga : apakah video,film,radio kaset, tape recorder dan berbagai media/alat peraga yang dibuat sendiri, maka metode ini menarik minat siswa karena sudah merasa senang/tertarik, maka pelajaran terasa tidak sulit.
  4. Siswa memperoleh pengalaman langsung dan praktis, sekali pun  mula-mula kalimat yang di ucapkan itu belum di mengerti dan di pahami sepenuhnya.
  5. Alat ucap/lidah/siswa/anak didik menjadi terlatih dan jika menerima ucapan-ucapan yang semula sering terdengar dan terucapkan selain memiliki keunggulan/kelebihan, metode langsung (direct method).
Selain memiliki keunggulan/kelebihan, metode langsung (Direct Method) juga memiliki kelemahan/kekurangan, yaitu antara lain :
  1. Pengajaran dapat menjadi pasif, jika guru tidak dapat memotivasi siswa, bahwa mungkin sekali siswa merasa jenuh dan merasa dongkol karena kata-kata dan kalimat yang di tuturkan gurunya itu tidak pernah dapat dimengerti, karena memang guru hanya menggunakan bahasa asing tanpa di terjemahkan ke dalam bahasa anak.
  2. Pada tingkat-tingkat permulaan kelihatannya metode ini terasa sulit di terapkan, karena siswa belum memiliki bahan (perbendaharaan kata) yang sudah di mengerti.
  3. Meskipun pada dasarnya metode ini guru tidak boleh menggunakan bahasa sehari-hari dalam menyampaikan bahan pelajaran bahasa asing tapi pada kenyataannya tidak selalu konsisten demikian, guru terpaksa misalnya menterjemahkan kata-kata sulit bahasa asing itu ke dalam bahasa anak didik.

Nah itulah penjelasan mengenai direct method, jelas kan ?? 

Mungkin hanya itu yang bisa saya jelaskan mohon maaf bila ada kata kurang berkenan karena saya juga sedang belajar. Apabila ada yang ingin di tanyakan yang belum di pahami mohon di isi di kolom komentar yang telah disediakan. Sekian dan Terima kasih.
DIRECT METHODS
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

8 komentar

Tulis komentar
avatar
24 Maret 2017 21.57

Saya paling suka, kalau guru sudah memakai metode english area. Wuih mantap, bisa sok inggris walau grammar acak2an. Tapi ngga apa2lah. U/ mgelatih kepercayaan diri.

Reply
avatar
24 Maret 2017 22.02

Haha iya kak harap di maklum ya lagi belajar nih hehe :) semoga ke depannya lebih baik terima kasih banyak sarannya sangat membantu :)

Reply
avatar
24 Maret 2017 23.11

awal-awal belajar bahasa inggris kayanya lebih efektif seperti ini

Reply
avatar
24 Maret 2017 23.37

Kalo gw sih efektif seperti ini. Bisa lebih terbiasa dengan Inggris

Reply
avatar
24 Maret 2017 23.42

Iyah gan memang efektif begini :)

Reply