Jumat, 24 Maret 2017

Definisi Metode Grammar-Translation Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Hallo Apa Kabar kawan !!!
 
Sebelumnya puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang maha kuasa, sehingga kita bisa di pertemukan kembali dalam waktu yang berbahagia ini.

Grammar Translation - guruenjoy
Oh iya kemarin saya belajar Pendidikan Bahasa Inggris di Sekolah dasar mengenai Metode Grammar-Translation oleh dosen saya ibu Anggi Citra, M.pd. Beliau memberikan pembelajaran yang sangat baik dan alhamdulilah bisa di pahami sedikit-sedikit dan tentunya semoga bisa lebih bisa berguna nanti kelak ketika saya dan rekan-rekan mengajar di Sekolah Dasar. Amin.

Jadi, apa sih Metode Grammar-Translation itu ??? berikut penjelasan detail nya.



Metode Grammar-Translation

Metode Grammar-Translation bukanlah metode baru. Metode ini mempunyai banyak nama, tetapi telah banyak di gunakan oleh guru bahasa selama bertahun-tahun. Dulu metode ini di sebut metode klasik sejak pertama kali di gunakan dalam pengajaran bahasa bahasa klasik seperti Latin dan Yunani (chastain, 1988). Pada awal abad ini, metode ini di gunakan untuk membantu siswa dalam membaca dan mengapresiasi literatur asing.

Menurut guru yang menggunakan metode Grammar-Translation tujuan fundamental mempelajari bahasa asing adalah agar dapat membaca literatur tertulis dalam bahasa asing tersebut. Untuk melakukannya, siswa perlu mempelajari aturan tata bahasa dan kosa kata dari bahasa yang menjadi target. Sebagai tambahan banyak orang yakin bahwa mempelajari bahasa asing akan membantu meningkatkan otak mereka.


Peran guru dalam metode ini sangat tradisional, guru adalah otoritas di ruang kelas. siswa melakukan apa yang di perintahkan guru sehingga mereka dapat belajar dari pengetahuan guru.


Karakteristik dari proses belajar mengajar dalam metode ini yaitu sesuai di ajarkan menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa yang lain. Sering kali yang mereka terjemahkan adalah materi membaca dalam bahasa target (asing) tentang aspek budaya dari komunitas bahasa target tersebut. Siswa belajar tata bahasa secara deduktif yakni mereka diberi aturan tata bahasa beserta contohnya kemudian di suruh menghafalkannya dan kemudian di minta meerapkan aturan tersebut ke contoh lainnya.


Vocabullary dan Grammar sangat di tekankan sekali dalam metode ini. Reading dan Writting adalah primary skill atau kemampuan utama yang siswa lakukan. Terdapat sedikit perhatian yang tertuju pada Speaking dan Listening, begitu juga terhadap pronunciation.


Adapun evaluasi metode ini yaitu test tertulis sering di gunakan untuk mengevaluasi siswa dengan mengartikan bahasa asing yang di pelajari ke bahasa aslinya sendiri atau sebaliknya. Pertanyaan yang menyangkut peraturan Grammar dari bahasa asing yang di pelajari atau bahasa asli siswa sering di jumpai.



Kelebihan dari Metode Grammar-Translation adalah :


  1. Mengembangkan keterampilan dan kemampuan siswa dalam membaca, menulis dan menterjemah literatur bahasa asing.
  2. Memudahkan siswa dalam mempelajari bahasa asing karena di perbolehkan menggunakan bahasa ibu (native languange) dalam proses pengajaran bahasa tersebut. Dengan menggunakan metode ini, anak kecil menghubungkan kata-kata asig sehingga ikatan memori yang kuat bisa terbentuk.

Kekurangan dari Metode Grammar-Translation


  1. Metode ini memusatkan perhatian pada keterampilan membaca dan menulis, mengabaikan keterampilan menyimak dan berbicara.
  2. Metode ini tidak dapat merealisasikan tujuannya dalam membiasakan siswa untuk menulis dengan benar.
  3. Metode ini hanya sesuai bagi siswa yang cerdas saja.
  4. Metode ini mengharuskan siswa berpikir dengan bahasa asing bahasa ibu, kemudian pemikiran itu di terjemahkan ke dalam otaknya yakni kepada bahasa sasaran.
  5. Metode ini terjadi secara tidak sadar, hal itu menghambat cepatnya pengajaran bahasa.
  6. Metode ini menjadikan/membuat guru jadi malas.
  7. Peran guru dslsm metode ini gampang, jika dia menguasai bahasa asing.
 
Nah itulah penjelasan mengenai Metode Grammar-Translation, jelas bukan ?? 

Baca juga : Pembelajaran Pendekatan Kontekstual

Semoga rekan-rekan bisa mempelajari metode tersebut khususnya para pakar pendidikan dan pengajar yang sedang mengajar. Mungkin hanya itu yang bisa saya jelaskan, bila ada yang belum di mengerti silakan isi di kolom komentar yang telah di sediakan. Terima kasih.
Definisi Metode Grammar-Translation Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

5 komentar

Tulis komentar