Minggu, 12 Maret 2017

Definisi DISLEKSIA dan Akibatnya

Hallo good morning !!!

Alhamdulilah Kemarin saya dapet ilmu dari dosen saya ibu Yossy Firdawati E, M.pd. Dia memberikan pelajaran mengenai DISLEKSIA. So, what is DISLEKSIA?? Agak asing bukan kata-katanya? Ada juga yang sudah biasa mendengar kata tersebut. Oke langsung saja ke pembahasannya secara detail di bawah ini.

Siswa Sekolah
Kata DISLEKSIA berasal dari bahasa yunani yaitu, Dys yang artinya sulit, dan Lex yang berasal dari kata legein yang artinya berbicara. jadi anak yang menderita disleksia biasanya kurangnya kemampuan untuk menghubungkan kata atau simbol-simbol tulisan.

Secara umum disleksia adalah sebuah kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan pada orang tersebut dalam melukukan aktivitas membaca dan menulis. Biasanya pada anak disleksia ada tiga tanda pokok yang perlu diamati yang bisa menjadi acuan apakah anak itu mengalami disleksia atau tidak, diantaranya :

  1. Tidak bisa membedakan huruf  ( susah membedakan huruf yang mirip, contoh: huruf b dan huruf d )
  2. Tidak bisa mengeja ( biasanya mereka membaca secara terbalik, contoh: ubi dibaca ibu )
  3. Tidak paham tentang bacaan ( mereka tidak mampu menjelaskan yang mereka baca, akibatnya mereka susah konsentrasi maka mereka lebih suka bermain dan sering mengganngu temannya. 

Kadang karena pemahaman orang yang sedikit tentang disleksia, orang akan menilai anak disleksia seperti anak keterbelakangan mental, padahal sebenarnya justru mereka anak yang cerdas pada kemampuan lainnya. Misalnya kemampuan bersosialisasi dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Karena disleksia sendiri tidak disebabkanoleh tingkat kecerdasan anak yang rendah. Cuma mereka dalam membaca dan menulis dibawah anak-anak pada umumnya.

PENYEBAB ANAK DISLEKSIA TIDAK BISA MENGEJA

Penyebab anak disleksia tidak bisa mengeja yaitu karena mereka menggunakan otak kanan untuk menbaca dan mengeja. Yang seharusnya mereka menggunakan otak bagian kiri. Karena memang funsi otak kanan dengan otak kiri sangatlah berbeda. untuk lebih jelas berikut ini fungsi dari kedua bagian otak tersebut :
Otak bagian kiri bisa mencocokkan bentuk huruf dalam satu kata saat dibaca, menangani informasi ke otak dan  melafalkan satu persatu,Membedakan huruf satu dengan lainya dan bisa mengerti tatabahasa.
Otak bagian kanan tidak bisa mengerti bagaimana membedakan huruf dan mengucapkannya. Karena otak kanan membaca huruf yang terlihat menjadi bentuk lain.

Yang perlu diketahui adalah tidak semua penyebab anak kesulitan membaca adalah disleksia. Karena pada usia 4 -5 thn wajar kalau anak kesulitan membaca.Yang perlu diwaspadai adalah pada anak yang sudah masuk SD tetapi belum bisa membaca hal itu perlu dipertanyakan, anak itu  termasuk disleksia atau bukan?????

Jadi, bila ada yang mengalami penyakit tersebut, janganlah mengesampingkan nya karena banyak penyandang disleksia mempunyai IQ yang tinggi mungkin bakatnya dari menggambar atau olahraga dan lain sebagainya.

Oke sekian ya artikel da guru enjoy ini semoga bermanfaat buat kita semua. Bila ada yang ingin di tanyakan isi ya di kolom komentar yang telah di sediakan. Sekian dan Terima kasih.
Definisi DISLEKSIA dan Akibatnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

20 komentar

Tulis komentar
avatar
12 Maret 2017 08.13

Artikel nya bermanfaat, saya baru tau tentang kelainan tersebut. Saran artikelnya sudah bagus tinggal perataan format teks di rapikan saja per paragraf. Biar enak dibaca :)

Reply
avatar
12 Maret 2017 08.18

gw kirain dislike wkwk gk tau nya disleksia

Reply
avatar
12 Maret 2017 08.34

Haha ada ada aja agan ini wkwk

Reply
avatar
12 Maret 2017 08.35

Oke gan terima kasih sarannya sangat bermanfaat sekali buat saya :)

Reply
avatar
12 Maret 2017 08.35 Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
12 Maret 2017 08.35 Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
12 Maret 2017 08.37

Iya benar banyak yang ngira disleksia memeiliki keterbelakangan mental.

Reply
avatar
12 Maret 2017 08.41

Iya gan, intinya DISLEKSIA kesulitan mengena huruf buka keterbelakangan mental:)

Reply
avatar
12 Maret 2017 08.59

padahal bukan keterbelakangan mental ya tapi banyak orang yang salah kira

Reply
avatar
12 Maret 2017 09.00

Jadi tamnah nih pengetahuan,, makasih mas..

Reply
avatar
12 Maret 2017 09.14

Nih jadi tambah pengetahuan nih

Reply
avatar
12 Maret 2017 09.15

alhamdulilah, sama sama mas :)

Reply
avatar
12 Maret 2017 09.16

memang iya gan bukan, tepatnya kesulitan mengenal huruf :)

Reply
avatar
12 Maret 2017 09.39

ouhhh ada tuh film nya yg film india, tuh anak sulit membedakan huruf" jadi dia dikucilkan, pada akhirnya dia bisa diterima juga sama orang sekitarnya berkat bimbingan gurunya

Reply
avatar
12 Maret 2017 09.43 Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar
15 Maret 2017 18.09

Iyah gan saya juga tau suka malahan yang pemeran anak kecil nya si ihsaan :D

Reply