Sabtu, 25 Maret 2017

AUDIO LINGUAL

Good Morning everybody !!!

Puji syukur kita panjatkan kehadirat tuhan yang maha kuasa, yang dimana pada kesempatan kali ini kita masih di pertemukan kembali dengan keaadaan sehat jasmani dan rohani. Amin.

Di pagi yang cerah ini sambil di temani segelas kopi hangat, saya akan membuat satu artikel untuk rekan-rekan semua khususnya para pendidik dan yang sedang belajar di sekolah ataupun yang lainnya. 

Lihat juga : Pendekatan Behavioristik

Setelah kemarin saya menjelaskan mengenai Grammar-Translation Methods dan Direct Methods, kali ini saya akan coba menjelaskan mengenai Audio Lingual.Yuk kita bahas apa sih Audio Lingual itu silahkan simak penjelasan berikut ini.

Source : Google

AUDIO LINGUAL

Audio Lingual adalah suatu metode pengajaran yang bertujuan melatih pemahaman pendengaran (listening comprehension), cara pengucapan yang akurat atau tepat (accurate pronunciation), mengenali simbol-simbol ujaran seperti grafik dan kemudian mampu untuk mewujudkannya kembali ke dalam tulisan.

Tujuan lain dari metode ini adalah untuk mengontrol pola-pola suara bentuk, dan perintah dalam bahasa baru, mengenali item-item kosakata yang terdapat pola tersebut seperti aslinya.

Selain itu metode ini menuntut siswa untuk aktif berbahasa di kelas sehingga menghilangkan kejemuan dan membuang rasa takut berbahasa.

Di dalam metode Audio Lingual terdapat beberapa langkah yang biasa dilakukan dalam proses pembelajaran. Adapun langkah-langkah tersebut antara lain adalah :
  1. Penyajian teks dialog atau teks pendek yang dibacakan guru berulang-ulang dan siswa menyimak tanpa melihat teks yang dibaca
  2. Peniruan dan penghafalan teks itu secara serentak dan siswa menghafalkannya.
  3. Penyajian kalimat dilatih dengan pengulangan.
  4. Dramatisasi dialog atau teks yang dilatihkan kemudian siswa memperagakan di depan kelas.
  5. Pembentukan kalimat lain yang sesuai dengan yang dilatihkan.
Dalam setiap metode pasti terdapat kelebihan dan kekurangannya. Adapun kelebihan dari metode ini antara lain adalah :
  1. Audio Lingual mungkin merupakan teori pengajaran bahasa pertama yang secara terbuka mengklaim terbentuk dari gabungan linguistik dan psikologi.
  2. Metode Audio Lingual mencoba membuat pembelajaran bahasa menjadi lebih mudah diakses oleh pembelajar dalam jumlah besar (kelas besar). Hal tersebut menyebabkan partisipasi pembelajar melalui tekhnik drill dapat dimaksimalkan.
  3. Secara positif drill dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan oralnnya.
  4. Tekhnik pengajaran dalam metode audio lingual dengan menggunakan tape recording dan laboratorium bahasa menawarkan latihan kecakapan berbicara dan mendengar yang merupakan hal paling penting dalam pembelajaran bahasa. Pola-pola drill memberikan siswa lebih banyak latihan.
  5. Metode audio lingual mengembangkan kemampuan berbahasa ke dalam "peralatan pedagogig" yaitu mendengar (menyimak), membaca dan menulis. Metode audio lingual secara spesifik memperkenalkan desain tekhnik pendengaran (listening) dan latihan oral (speaking). Hal tersebut menunujukan kesuksesan dalam mengembangkan pemahaman aural (listening) dan kelancaran berbicara (speaking). 
Sedangkan kekurangan dalam metode audio lingual antara lain adalah : 
  1. Tekhnik yang digunakan dalam metode audio lingual seperti drill, penghafalan, dan lain sebagainnya mungkin bisa membuat bahasa menjadi sebuah kelakuan (kebiasaan), tetapi hal tersebut tidak menghasilkan kompetensi yang diharapkan.
  2. Dengan metode audio lingual mungkin guru akan mengeluhkan tentang banyaknya waktu yang dibutuhkan (lama), dan para siswa akan mengeluh tentang kebosanan yang di sebabkan oleh pola drill yang terus-menerus digunakan.
  3. Peran dan keaktifan guru merupakan hal yang penting dalam metode audio lingual, jadi guru lebih banyak mendominasi kelas.
Nah, itulah penjelasan dari Metode Audio Lingual. Kalau menurut rekan-rekan metode ini efektif tidak ??? apabila ada yang ingin di tanyakan dan belum dipahami mohon di isi di kolom komentar yang telah disediakan.

Baca juga : Pendekatan Keterampilan Sosial

Ketemu lagi nanti sore hari yah dengan pembahasan Silent Way Method. Sekian dan Terima kasih.


AUDIO LINGUAL
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

1 komentar:

Tulis komentar