Minggu, 26 Februari 2017

Profesi Kependidikan (Penjelasan Materi dan Faktor pengaruh)

Assalmualaikum Wr. Wb. - Selamat pagi semuanya, ketemu kembali bersama saya dengan blog guru muda guru enjoy. Kali ini saya akan membahas tentang ringkasan materi profesi pedidikan. Langsung saja ke pembahasan .


Baca juga : BIMBINGAN KONSELING di SD

GURU SEBAGAI PROFESI

 Kompetensi Guru

  • Kompetensi Pedagogik

Kompetensi pedagogik adalah kemampuan guru untuk mengelola setiap pembelajaran peserta didik. Kompetensi yang mempunyai ciri khas tersendiri, yang membedakan guru dengan pekerjaan/profesi lainnya ini terdiri dari 7 aspek kemampuan, yaitu:
  1. Mengenal karakteristik anak didik
  2. Menguasai materi pembelajaran dan prinsip-prinsip pembelajaran
  3. Mampu mengembangkan kurikulum
  4. Pembelajaran yang mendidik
  5. Memahami dan mengembangkan potensi peserta didik
  6. Komunikasi dengan peserta didik
  7. Penilaian dan evaluasi pembelajaran

Materi Profesi Kependidikan, https://www.guruenjoy.com
Profesi Guru

  • Kompetensi Profesional.

Kompetensi ini dapat dilihat dari kemampuan guru dalam mengikuti perkembangan ilmu yang semakin modern karena perkembangan ilmu akan selalu menyesuaikan degan kemajuan jamannya. Kompetensi profesional yang harus terus dikembangkan guru dengan belajar dan tindakan lainnya. 

Materi ajar yang ada dalam kurikulum sekolah Hubungan konsep antar pelajaran terkait Penerapan konsep-konsep keilmuan dalam kehidupan sehari-hari Kompetensi secara profesional dalam konteks global dengan tetap melestarikan nilai dan budaya nasional.

  • Kompetensi  Sosial

Kompetensi sosial bisa dilihat apakah seorang guru bisa bermasyarakat dan bekerja sama dengan peserta didik serta guru-guru lainnya. Kompetensi sosial yang harus dikuasai guru meliputi:


  • Berkomunikasi lisan dan tulisan
  • Menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional
  • Bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik
  • Bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar
  • Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia
  • Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
  • Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru


  • Kompetensi Kepribadian

Kompetensi ini terkait dengan guru sebagai teladan, beberapa aspek kompetensi ini misalnya:
  1. Dewasa
  2. Stabil
  3. Arif dan bijaksana
  4. Berwibawa
  5. Mantap
  6. Berakhlak mulia
  7. Menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat
  8. Mengevaluasi kinerja sendiri
  9. Mengembangkan diri secara berkelanjutan


Perbedaan Profesi, Profesional, Profesionalitas, Profesionaliasme

  • Pengertian Profesi

Profesi merupakan suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian atau keterampilan dari pelakunya. PROFESI adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian.

Profesi berasal dari bahasa latin yakni “Proffesio” yang mempunyai dua pengertian yaitu janji/ikrar dan pekerjaan. Apabila artinya dibuat dalam pengertian yang lebih luas menjadi kegiatan “apa saja” dan “siapa saja” untuk memperoleh nafkah yang dilakukan dengan suatu keahlian tertentu. Sedangkan dalam arti sempit profesi berarti kegiatan yang dijalankan berdasarkan keahlian tertentu dan sekaligus dituntut daripadanya pelaksanaan norma-norma sosial dengan baik.

  • Pengertian Profesional

Profesional adalah orang yang menyandang suatu jabatan atau pekerjaan yang dilakukan dengan keahlian atau keterampilan yang tinggi. Hal ini juga pengaruh terhadap penampilan atau performance seseorang dalam melakukan pekerjaan di profesinya.

Makna dari Profesional tentunya yang mengacu kepada sebutan tentang orang yang menyandang suatu profesi dan sebutan tentang penampilan seseorang dalam mewujudkan unjuk kerja sesuai dengn profesinya. Penyandangan dan penampilan “professional” ini telah mendapat pengakuan, baik segara formal maupun informal.

Kata profesional berasal dari profesi yang artinya menurut Syafruddin Nurdin, diartikan sebagai suatu pekerjaan yang memerlukan pendidikan lanjut di dalam science dan teknologi yang digunakan sebagai perangkat dasar untuk dikerjakan dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat.

PROFESIONAL, adalah orang yang mempunyai profesi atau pekerjaan dan hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan suatu keahlian dari individual masing-masing. Atau seorang profesional adalah seseorang yang hidup dengan mempraktekkan suatu keahlian tertentu atau dengan terlibat dalam suatu kegiatan tertentu yang menurut keahlian, sementara orang lain melakukan hal yang sama sebagai sekedar hobi, untuk senang-senang, atau untuk mengisi waktu luang.

  • Pengertian profesionalisme

Profesionalisme adalah komitmen para profesional terhadap profesinya. Komitmen tersebut ditunjukkan dengan kebanggaan dirinya sebagai tenaga profesional, usaha terus-menerus untuk mengembangkan kemampuan profesional, dst. Profesionalisme merupakan komitmen para anggota suatu profesi untuk meningkatkan kemampuannya secara terus menerus.

Profesionalisme berasal dan kata profesional yang mempunyai makna yaitu berhubungan dengan profesi dan memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya, (KBBI, 1994). Sedangkan profesionalisme adalah tingkah laku, keahlian atau kualitas dan seseorang yang professional (Longman, 1987).

Profesionalisme adalah sebutan yang menujukan kepada sikap mental dalam bentuk komitmen dari para anggota suatu profesi untuk senantiasa mewujudkan dan meningkatkan kualitas profesionalnya.
Profesionalisme adalah suatu paham yang menciptakan kegiatan-kegiatan kerja tertentu dalam masyarakat, mempunyai bekal keahlian yang tinggi dan berdasarkan rasa keterpanggilan, serta ikhlas untuk menerima panggilan tersebut dengan semangat pengabdian selalu siap memberikan pertolongan kepada sesama yang tengah dirundung kesulitan di tengah gelapnya kehidupan (Wignjosoebroto, 1999).

  • Pengertian Profesionalisasi

Profesionalisasi adalah sutu proses menuju kepada perwujudan dan peningkatan profesi dalam mencapai suatu kriteria yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

  • Pengertian Profesionalitas

Profesionalitas disini adalah sikap para anggota profesi yang benar-benar menguasai, dan sungguh-sungguh kepada profesinyaatau pekerjaanya.

Profesionalitas adalah Sebutan terhadap kualitas sikap para anggota suatu profesi terhadap pekerjaannya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki untuk dapat melakukan tugas-tugasnya.

Faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan

Kepribadian, pengalaman masa lalu dan harapan pemimpin, hal ini mencakup nilai-nilai, latar belakang dan pengalamannya akan mempengaruhi pilihan akan gaya kepemimpinan.
  1. Harapan dan perilaku atasan.
  2. Karakteristik, harapan dan perilaku bawahan mempengaruhi terhadap apa gaya kepemimpinan.
  3. Kebutuhan tugas, setiap tugas bawahan juga akan mempengaruhi gaya pemimpin.
  4. Iklim dan kebijakan organisasi mempengaruhi harapan dan perilaku bawahan.
  5. Harapan dan perilaku rekan.
Sekian pembahasan dari saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan maupun tutur kata yang kurang berkenan, semoga bermanfaat buat rekan-rekan semuanya. Jangan lupa untuk memberi komentar dalam kolom yang telah di sediakan, Terima kasih.
Profesi Kependidikan (Penjelasan Materi dan Faktor pengaruh)
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

8 komentar

Tulis komentar
avatar
26 Februari 2017 14.41

wah bermanfaat sekali gan

Reply
avatar
26 Februari 2017 15.24

Keren... Mksh infonya gan.. .

Reply
avatar
26 Februari 2017 15.47

Wah bagus banget nih, lengkap semua disini...izin bookmark dulu siapa tau nanti dibutuhkan juga :D makasih

Reply
avatar
26 Februari 2017 21.48

Terimakasih informasinya nya mas.. bagus banget

Reply